Selamat Datang...

Jangan sungkan untuk membaca dan berkomentar.

MULAIGabung

Saturday, 18 January 2020

Cara Menikmati Bir Anti Mainstream


Memang minum sekaleng bir dapat memanjakan kerongkongan, Apalagi jika kita meminumnya secara perlahan dan menaikmatinya. Namun tentu saja ada banyak cara lain untuk menikmati sekaleng bir yang nikmat. Mari langsung saja kita bahas cara menimati bir anti mainstream.

Tuang Bir ke Gelas

Yang pertama adalah menikmati bir menggunakan gelas. Daripada meminum bir langsung dari kaleng atau botol, tentunya akan lebih mudah meminumnya menggunakan gelas. Tapi jangan sembarangan dengan cara menuangnya agar rasa bir tidak berubah.

Berikut ini adalah tips jika ingin menikmati bir menggunakan gelas.

  • Gunakan gelas dengan jenis gelas tulip. Pilihan ini gar buih yang muncul dapat merata ke atas.
  • Tuang perlahan dengan kemiringan 45 derajat yang bertujuan agar buih yang muncul tidak berlebihan.

Kombinasikan Bir

Kedua adalah mengkombinasikan bir dengan minuman jenis lain atau ale. Hal ini tetunya akan memperkaya rasa bir yang akan didapat. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan rasio takaran yang pas agar rasa bir tidak hilang.

Jika dikombinasikan dengan ale, rasio yang pas adalah 50:50 atau half and half. Agar campuran terlihat menarik kalian dapat menggunakn sendok untuk menahan tuangan cairan ke gelas sehingga tidak langsung bercampur antara satu dan yang lain. Dengan cara ini kalian dapat menghasilkan campuran dengan tamilan gradasi yang cantik.

Untuk cara menikmati dengan kombinasi minuman lain kalian dapat mencari referensi dari bartender atau review lainnya.

Jadikan Sebagai Resep Makanan

Cara ketiga yang paling anti mainstream adalah menggunakan bir sebagai bagian dari resep makanan. Contoh paling simpel adalah menambahkan bir ke saus steak yang kalian buat.

Kemudian ada beberapa resep daging sapi dengan bir. Kombinasi dari komposisi daging sapi, sayuran, dan bir bisa menjadi kombinasi yang menggugah selera  dengan hidangan bertema daging sapi rebus.
Resep lain yang dapat dicoba adalah dengan menambahkan bir ke resep roti. Mirip seperti roti dengan campuran bahan bersoda, roti dengan resep bir juga sama cara membuatnya.

Nah itulah beberapa cara menikmati bir anti mainstream yang dapat kalian lakukan. Tentunya dalam memilih jenis birnya pun tidak boleh sembarangan, saya rekomendasikan menggunakan bir Guinness kaleng karena netto yang didapatkan sesuai.

Saturday, 21 December 2019

Cara Mudah Menghitung Pajak Penghasilan



Sering kali kita meleset dalam menghitung pajak penghasilan. Walaupun biasanya akan dipotong otomatis dan dihitungkan oleh sistem namun tidak ada salahnya kita mengetahui tentang cara menghitung pajak penghasilan.

Tidak hanya untuk sekedar tahu nominalnya namun kita juga dapat mengetahui seberapa besar kontribusi kita dalam taat pajak sebagai warga negara yang taat hukum. Lalu bagiamana proses untuk menghitung pajak penghasilan? Langsung saja kita bahas.

Membuat Daftar Penghasilan

Pajak Penghasilan akan dikenakan kepada pihak wajib pajak pada kurun waktu satu tahun. Jika kita memiliki penghasilan  tiap bulan, maka kita perlu membuat daftar penghasilan yang kita terima tiap bulannya. Besaran penghasilan yang kita hitung ini pun bukan hanya gaji pokok tetapi juga termasuk pemasukan yang lain.

Menghitung PPH

Setelah membuat daftar penghasilan yang ada, kita bisa menghitung PPH dengan melihat peraturan yang ada dan  sudah ditetapkan oleh pemerintah . Berikut beberapa peraturan yang sudah ditetapkan adalah:
  • Tarif pajak penghasilan sebesar 5%, jika memiliki penghasilan Rp 50.000.000 selama satu tahun
  • Tarif pajak sebesar 15%, jika memiliki penghasilan Rp50.000.000 sampai dengan Rp250.000.000 selama satu tahun
  • Tarif pajak sebesar 25%, jika memiliki penghasilan Rp250.000.000 sampai dengan Rp500.000.000 selama satu tahun
  • Tarif pajak sebesar 50%, jika memiliki penghasilan di atas Rp500.000.000 selama satu tahun
Sebagai contoh, jika Anda memiliki penghasilan Rp6.000.000, maka penghasilan kotor per tahunnya mencapai Rp72.000.000. Jika Anda masih bujangan, maka Anda masuk dalam kategori PTKP poin yang pertama yaitu Rp54.000.000. Rumus menghitung PPH adalah penghasilan kotor dikurang PTKP, dikali dengan tarif pajak sesuai pendapatan kotor.

Rp72.000.000 - Rp54.000.000 = Rp18.000.000, maka penghasilan bersih Anda, yaitu Rp18.000.000 dari penghasilan bersih ini, Anda bisa menghitung pajak penghasilan yang akan Anda bayarkan. Sebagai contoh, pajak penghasilan = 15% x Rp18.000.000= Rp2.700.000 jadi pajak penghasilan per tahun yang harus Anda bayarkan ke negara Rp2.700.000 per tahun atau Rp225.000 per bulan.

Nah mudah bukan cara menghitung pajak penghasilan?

Namun karena biasanya perusahaan sudah menhitungkan pajak yang harus kita bayarkan dan sekaligus memotongnya maka kita tidak perlu takut karena kitapasti sudah taat pajak. Untuk lebih jelasnya bisaya besaran pajak sudah tertera di slip gaji. Semoga artikel ini bermanfat.

Saturday, 7 December 2019

Persiapkan Yang Sering Terlupakan Ketika Liburan


Akhir tahun sudah didepan mata dan lebih nyaman jika kita bertolak ke kampung untuk mudik tahun baru. Menikmati liburan tahun baru tentunya harus mempersiapkan hal-hal yang sangat penting seperti finansial, kesehatan, dan kendaraan. Namun sering kali ada hal yang terlewatkan, yaitu asuransi. Dalam hal ini asuransi umum tentunya adalah jenis asuransi yang paling tepat. Zurich Insurance Indonesia sebagai perusahaan asuransi memiliki produk asuransi umum yang bisa melengkapi kebutuhan Anda.


Profil Perusahaan

PT Zurich Insurance Indonesia merupakan bagian dari Zurich Insurance Group. Berdiri pada tahun 1991 sebagai perusahaan asuransi umum patungan, ZII melayani nasabah individu, usaha kecil menengah (UKM), dan korporasi melalui asuransi umum yang sesuai dngan kebutuhan nasabah.   ZII memiliki lebih dari 300 orang karyawan dan jaringan agen terdiri lebih dari 1.000 tenaga agen individu serta 9 kantor pemasaran yang tersebar di Indonesia. ZII adalah perusahaan asuransi umum yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).   Produk asuransi umum Zurich Insurance Indonesia meliputi asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi rumah, dan asuransi personal yang sangat cocok jika kita ingin berpergian untuk mudik ataupun liburan. Berikut ini jenis asuransi umum Zurich Insurance Indonesia untuk kebutuhan liburan anda.  

Asuransi Kendaraan

Komprehensif & TLO
Komperhensif dan Total Loss Only (TLO) adalah asuransi yang memberikan perlindungan komperhensif bagi kendaraan anda. Jika kendaraan yang kita miliki rusak atau hilang, kita terlindungi dengan adanya asuransi ini.

Mobil Z
Merupakan produk asuransi mobil terlengkap dari Zurich yang memberikan perlindungan menyeluruh untuk mobil anda.

Motor Z
Merupakan produk asuransi terhadap sepeda motor dan asuransi kecelakaan lainnya 24 jam yang berlaku di seluruh dunia.  

Asuransi Perjalanan

​Zurich EaZi Travel
Produk ini menjamin perjalanan liburan, wisata ataupun bisnis bagi perorangan, keluarga maupun secara kumpulan, baik di luar maupun di dalam negeri dalam satu polis.  

Asuransi Rumah

Zurich Home
Produk ini mengasuransikan rumah apabila terjadi kebakaran, tersambar petir, ledakan atau kecelakaan yang tidak disangaja lainnya.  

Zurich Personal Accident

Jaminan untuk diri anda yang berlaku di seluruh dunia 24 jam, baik pada saat Anda bekerja ataupun liburan. 

 Dengan adanya asuransi terpercaya kita akan lebih tenang dalam menikmati liburan dan tidak perlu cemas apabila terjadi hal yang tidak terduga. Untuk itu mempersiapkan asuransi umum sebelum liburan dapat membantu ketenangan anda saat liburan.

Wednesday, 22 May 2019

Tetap Tenang Walau Rutinitas Sehari-hari Padat

Tetap Tenang Walau Rutinitas Sehari-hari Padat

Stamina yang prima sangatlah dibutuhkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sebab, stamina bisa membantu Anda agar bisa aktif bergerak dan fokus dalam aktivitas sehari-hari. Sayangnya, belum semua orang memiliki stamina tubuh yang prima.



Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan stamina tubuh? Inilah dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Fokus menjalani aktivitas

Fokus terhadap hal yang Anda kerjakan juga dapat mendukung stamina tubuh agar dapat meningkat secara perlahan. Sebab, saat Anda fokus dengan aktivtas yang dikerjakan, maka Anda tidak akan teralihkan dengan hal-hal yang bisa membuat Anda merasa stress. Sebab, stress bisa membuat tubuh menjadi lebih lemas dan stamina pun sulit untuk meningkat. Namun, walaupun Anda fokus dengan aktivitas yang dijalani, perhatikan juga pola istirahat agar tetap tercukupi dan tubuh pun bisa memiliki waktu untuk memulihkan tenaganya kembali. Sehingga, Anda bisa tetap seimbang antara pekerjaan dan waktu istirahat yang dibutuhkan sehari-hari.


Melakukan latihan fisik

Agar stamina tubuh bisa meningkat, maka Anda perlu membiasakan tubuh Anda untuk bergerak aktif. Caranya, Anda bisa melakukan latihan fisik secara rutin agar tubuh terbiasa untuk bergerak secara lebih sering. Latihan fisik dapat dilakukan dengan cara melakukan olahraga pada pagi hari setiap harinya.

Untuk melatih stamina, ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan secara rutin. Olahraga tersebut merupakan olahraga kardio yang membuat tubuh bergerak aktif dan mengeluarkan banyak tenaga. Beberapa olahraga tersebut antara lain seperti jogging, berenang, dan bersepeda. Dengan melakukan latihan fisik secara rutin, fisik tubuh Anda akan lebih terlatih dan kuat untuk melakukan aktivitas yang melelahkan karena memiliki stamina yang lebih terjaga sepanjang hari.

Selain melakukan dua hal diatas, Anda juga dapat meningkatkan stamina saat beraktivitas sepanjang hari dengan cara mengonsumsi susu kotak. Susu cokelat dalam kemasan kotak bisa menjadi pilihan yang tepat karena dapat meningkatkan stamina sekaligus membuat mood lebih terjaga. Karena, selain nutrisi dari susu tersebut, cokelat juga dipercaya dapat membuat tubuh jadi lebih tenang.

Tuesday, 15 May 2018

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2018 / 1439 H ?

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2018? Dari tadi pagi sudah menunggu-nunggu sidang isbat yang menentukan kapan mulai 1 Ramadhan 1439 H atau Ramadhan 2018 ini kapan dimulainya. Sepulang dari kerja sempat bertanya ke ibuk kapan mulai puasa jawabnya hari Rabu. Karena masih ragu memastikan lagi lewat siaran pers sidang isbat, eh ternyata belum selesai.

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2018 / 1439 H ? S


Setelah nunggu sambil mantengin berita akhirnya kejawab juga kalo sidang isbat menentukan tanggal 1 Ramadhan 1439 H jatuh di tanggal 17 Mei 2018. Dan seketika pas sini udah selesai baca berita ibuk masuk kamar dan bilang, "Puasanya hari Kamis." Dalam ati sini anaknya mbatin, " Lah tadi dapet sumber dari mana ya mak?"

Nih dicantumin juga sumber beritanya yang tadi saya baca.

Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis (17/5/2018).

Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

"Kami tetapkan 1 Ramadahan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018," kata Lukman, saat memberikan keterangan pers. Menurut Lukman, kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan laporan petugas tersumpah di lapangan yang melihat hilal dari 95 titik.

Berdasarkan penetapan awal puasa ini, maka umat Islam di Indonesia mulai melakukan shalat tarawih pada Rabu (16/5/2017) malam. Kemudian, puasa pertama dilakukan pada Kamis.

Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan.

Sebelumnya, dalam sidang isbat Kemenag mengawalinya dengan mendengarkan pemaparan dari tim hisab dan rukyat terkait posisi hilal menjelang awal Ramadhan. Sidang ini dijadwalkan berlangsung setelah ada laporan hasil pengamatan hilal dari lokasi pemantauan.

Sidang kali ini dihadiri oleh sejumlah pihak, baik dari para duta besar negara-negara sahabat, Pimpinan Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, Kemenag juga mengundang, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.


Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2018/05/15/18521791/hasil-sidang-isbat-awal-puasa-jatuh-pada-kamis-17-mei-2018.

Nah bagi yang masih bingung kapan puasanya mending ngikut pemerintah aja yak, besok Kamis. Semoga bermanfaat.

Sunday, 29 April 2018

Awal dari Cerita, Azalea

Sempet kepikiran ide buat bikin novel singkat yang isinya pendapat-pendapat konyol yang ada dipikiran tapi diceritain lewat keseharian orang. Tapi disini ada kendala yang bikin ragu, yaitu apa bisa lanjut terus? Normal sih nanya gitu, soalnya mungkin bisa aja sibuk sampe ga bisa login ke blog.


Azalea,
kemungkinan besar kalo fix jadi buat novel ringan itu judulnya. Soal media paling aku posting di ini blog duluan. Kena copas? Konyol bener kalo sampe kena copas di SFTH Kaskus atau situs novel/cerita karangan bebas online lain.

 Masalah indexing per bab udah punya template navigasinya, tapi bungung mau dibuat kek Tumblr atau BakaTsuki.

Opening yang mungkin cocok buat ini project,
Racun tak jauh berbeda dengan penawarnya yang berbalut kebaikan

Sankyu yak.