Jumat, 12 Januari 2018

Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Sering kali kita lupa minum air putih saat berada ditempat kerja jika tidak merasa haus. Padahal tubuh kita juga tetap membutuhkan asupan cairan meskipun kita tidak merasa haus. Dari kebiasaan yang tidak kita perhatikan tersebut mungkin tubuh kita sedikit tersiksa karena kurangnya asupan cairan yang masuk. Nah, pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai manfaat minum air putih secara rutin bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya manfaat saja, namun juga akan kita singgung mengenai dampak jika kita kekurangan cairan tubuh.

Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh


Parlindungan Siregar yang merupakan Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa dalam aktivitas normal atau tanpa olahraga asupan cairan yang dianjurkan dalam satu hari yaitu sebanyak 2 liter.  Sumber tersebut saya dapatkan dari Kompas yang membahas tentang asupan cairan untuk tubuh.

Sayangnya aturan yang dianjurkan tersebut tidak universal, namun ada ketentuan seperti umur, kondisi kesehatan dan aktivitas. Sehingga kita perlu melakukan konsultasi apabila kita memiliki penyakit yang berhubungan dengan air, seperti penyakit batu ginjal. Walaupun seperti itu tetap saja kita perlu dan mengharuskan agar rutin meminum air putih.

Lalu apa saja manfaat minum air putih secara rutin yang akan kita dapatkan?

Membantu Tubuh Menghilangkan dan Menangkal Racun

Dengan rutin meminum air putih kita secara langsung membantu tubuh kita untuk membuang racun. Hal ini didukung oleh kebiasaan tubuh dimana kita banyak minum air putih maka akan banyak juga cairan yang kita keluarkan, ntah itu melalui keringat ataupun air kencing.

Tidak hanya itu, banyak yang mengatakan bahwa minum air putih ketika bangun tidur juga bagus bagi kesehatan. Itu karena saat perut kosong dan cairan tubuh kita sudah berkurang setelah tidur, jika kita meminum air putih maka cairan tubuh yang sebelumnya akan langsung digantikan dengan air putih yang kita minum dan racaun yang ada juga ikut keluar bersama cairan tubuh yang lama.

Kulit Menjadi Lebih Cerah dan Sehat

Sering kali kulit menjadi kasar dan kusam saat musim kemarau. Ini terjadi karena cairan tubuh lebih difokuskan untuk kebutuhan organ dalam daripada kulit. Untuk mengatasinya kita hanya cukup minum walaupun tidak terlalu banyak dan  manfaat minum air putih secara rutin tersebut langsung dapat kita rasakan. Dengan begitu kulit akan lebih lembab dan menghindari kusam.

Tidak hanya itu, jika kita minum air putih secara rutin maka kemungkinan keringat yang keluar juga banyak dan akan mengeluarkan kotoran dikulit. Sehingga warna kusam karena kotoran di pori-pori atau flex bisa berkurang.

Membantu Metabolisme Tubuh

Dengan banyaknya cairan yang ada maka tingkat metabolisme dalam tubuh akan terbantu. Dimana nutrisi yang akan diedarkan ke seluruh tubuh menjadi lebih mudah terutama vitamin yang mudah larut dengan air. Hal ini dapat dibuktikan saat kita berbuka puasa, kita belum merasa segar kembali sebelum minum setelah makan berat.

Mencegah Gangguan Lambung dan Usus

Waktu Ujian Pramuka SMP dulu saya pernah terkena ganguan pencernaan yang berkaitan dengan usus yaitu sembelit. Saat sampai dirumah pun saya bercerita ke kakak saya yang memiliki basic pendidikan kedokteran dan ternyata penyebabnya adalah saya kurang minum setelah makan berat. Saya rasa sangat logis mengingat jadwal yang diberikan sangat padat dan posisi saya saat itu adalah ketua.

Mengurangi Risiko Terkena Batu Ginjal dan Infeksi Saluran Kemih

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ginjal adalah filter utama dalam tubuh kita. Sedangkan penyakit yang sangat sering menyerang adalah batu ginjal. Batu ginjal memang bukan penyakit turunan atau menular namun disebabkan karena kebiasaan buruk salah satunya adalah kurang minum air putih. Komponen pembuangan dan pelarut utama dalam filter ini(ginjal) adalah air, logikanya jika airnya kurang maka kotoran akan mengendap dan menjadi batu ginjal.

Kotoran yang mengendap tersebut juga dapat menjadi ISK jika sudah berlebih, sehingga luka yang disebebkan goresan kotoran tersebut terjangkit bakteri dan menjadi infeksi saluran kencing.

Menyegarkan Otot

Percaya atau tidak meminum air putih dingin saat jam istirahat siang akan langsung mengusir rasa lelah. Mungkin ini desebabkan karena air yang kita minum membawa elektrolit yang dapat membantu regenerasi otot dan memulihkanya. Sehingga kita merasa segar kembali setelah meminum air putih.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Saya dapatkan kari Kompas bahwa minum banyak air memberi nutrisi ke rambut. Sedangkan asupan air yang tidak cukup dapat menyebabkan rambut rapuh bahkan rambut tipis. Mungkin benar penjelasan tersebut karena keponakan saya dulu susah untuk minum air putih waktu kecil dan rambutnya sangat tipis seperti rambut bayi padahal sudah berumur 5 tahun. Namun saat sudah umur 7 tahun rambutnya sudah mendekati lebat dengan ukuran normal.

Menjaga Volume Otak

Poin ini saya dapatkan ketika melihat tayangan On The Spot di TV. Dimana dijelaskan bahwa kekurangan cairan dapat memicu tubuh untuk menggunakan cairan di otak sehingga otak menurun volumenya.

Jika saya pikir lagi, mungkin itu penyebab rasa pusing di kepala jika kita sangat haus atau kurang cairan. Dimana otak melemah karena cairannya berkurang.

Terhindar dari Sakit Kepala atau Pusing

Seperti yang saya jelaskan pada poin sebelumnya bahwa kurang minum air putih dapat menyebabkan kepala pusing. Kemungkinannya otak melemah karena cairannya berkurang yang merupakan efek dari kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

Sama halnya seperti saat kita terbangun setelah pingsan. Dianjurkan untuk minum air putih atau airan lainnya yang dapat diminum agar kita kembali segar.

Mencegah Dehidrasi

Ini merupakan poin paling pokok diantara manfaat lainnya, yaitu mencegah dehidrasi. Dehidrasi sangat berbahaya karena dapat menurunkan kkebalan tubuh. Dulu saya juga sempat dimarahi dokter saat jarang minum air putih pada masa penyembuhan (sebelumnya sakit tifus). Dengan minum air putih secara rutin tentu kita dapat tethindar dari dehidrasi.

Nah itulah beberapa poin manfaat minum air putih secara rutin bagi kesetan tubuh yang dapat kita rasakan manfaatnya. Kebanyakan dari poin yang saya jelaskan sudah saya alami dan buktikan sehingga saya sangat senang jika artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang mancari solusi atau mencari manfaat minum air putih secara rutin di internet.

Jika ada kesalahan penulisan dan kekeliruan informasi saya sebagai penulis meminta maaf karena sebagian yang saya jelaskan merupakan pengalaman pribadi dan belum saya cantumkan sumber terpercayanya. Jangan lupa berkomentar dan terimakasih sudah membaca. Share ya !

Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh
4/ 5
Oleh

Jangan lupa kasih komentar sebelum pergi~